Friday, January 31, 2014

Storytelling Mekanik yang Cerdas dari Iklan Honda Accord

Pernah tahu iklan termahal? Yup, Honda Accord adalah jawabannya. Ternyata, iklan yang diproduksi tahun 2003 ini bukan saja mahal, tapi juga indah. Keindahan dari storytelling ada dalam iklan yang menelan biaya Rp. 55.8 milyar ini berhasil memikat pemirsanya daam frame cerita. Seperti apa storytelling mekanik di iklan Honda Accord?


Kabar bahwa iklan Honda Accord sebagai iklan termahal memang bukan cuma isapan jempol. Iklan ini memakan biaya US$ 6.2 juta. Pasti bikin sibuk ngitung nol-nya ya? hehe. Tapi pastinya juga bikin takjub, sebesar itukah biaya untuk sebuah iklan? Tak perlu heran, karena iklan juga membutuhkan riset untuk pembuatannya.

Membahas iklan Honda Accord emang sepertinya telat, mengingat iklan ini dibuat tahun 2003. Namun untuk iklan cerdas yang jauh lebih baik, pembahasan iklan tidak pernah basi. Karena itulah, kali ini Pantau Iklan mengulasnya untuk Kamu semua.

Ternyata iklan Honda Accord tidak cuma mahal, tapi juga cantik. Kecantikan iklan ini memang terbayar dari kerumitan cara pembuatannya. Iklan ini dibuat tanpa teknik animasi atau rekayasa apapun. Ini dibuat langsung dengan menata komponen-komponen mesin mobil sedemikian rupa, hingga bisa memperoleh momentum yang tepat untuk menghasilkan rangkaian gerak. Pengambilan gambarnya saja sampai 606 kali. Coba bayangkan, apa tidak keriting tuh tangan kameramennya?

Kecantikan iklan Honda Accord tidak hanya pada kerumitan pembuatan, tapi juga rangkaian proses mekanika yang sangat menakjubkan. Bolehlah ini disebut sebagai storytelling mekanik. Disebut demikian, karena memang yang bercerita bukan manusia, meskipun yang merangkai prosesnya adalah manusia. Kalau dalam storytelling, biasanya yang cerita kan manusia. Dalam iklan Honda Accord, mesinlah yang bercerita.

Seperti halnya storytelling, cerita dalam iklan Honda Accord membuat orang mengikuti mulai dari awal sampai akhir. Pernah baca novel atau buku cerita? Ketika kita sudah mulai masuk dan larut dalam cerita, sepertinya terus penasaran, tak ingin berhenti sampai lembar terakhir cerita. Begitulah cara merebut perhatian yang diterapkan iklan Honda Accord.

Namun, Honda Accord perlu memperhatikan hal yang lain dari storytelling, kalau ingin iklannya lebih dahsyat lagi. Bahkan untuk iklan lain yang menerapkan prinsip storytellling, boleh juga memanfaatkan strategi ini. Apa itu?

embed video space
ditawarkan seharga Rp. 10.000.000,00 untuk Honda Accord (selamanya)

Honda Accord seharusnya memanfaatkan komponen dari cerita, yaitu awal, konflik, resolusi dan ending. Konflik perlu dikenalkan sejak dari awal cerita, dan harus diperkut di puncaknya. Akan lebih keren jika iklan Honda Accord ada bagian klimaks konfiknya. Penyelesaian membutuhkan perlambatan di sebuah bagian untuk menguatkan bahwa akan ada penyelesaian konflik di bagian itu. Kalau di dalam cerita, ini disebut sebagai pembangunan skill oleh tokoh utama. Setelah bagian awal penyelesaian konflik yang dibuat lebih lambat, barulah proses berjalan begitu cepat sampai ada 'boom' yang menarik di bagian akhir cerita. Kalau bagian akhirnya, bolehlah tetap seperti bagian akhir dari iklan Honda Accord tersebut. Namun boleh juga pakai uji efek psikologis tertentu sebeum finishing. Efek happy ending dalam storytelling dapat digunakan untuk mengujinya.

Tentu saja pembuatan iklan Honda Accord yang disinkronkan dengan prinsip storytelling akan lebih memakan waktu dan tentu saja lebih rumit. Yah, tambah beberapa ratus kali lagi pengambilan gambar lah.. hehe. Tapi tentu saja dengan hasil yang lebih spektakuler.

Iklan Termahal: Honda Accord


Bagaimana menurut pendapatmu tentang iklan Honda Accord ini? Boleh berikan komentarnya..

No comments:

Post a Comment